Banyak Pedagang Makanan Matikan Aplikasi Penjualan Online

DUA malam lalu saya kesulitan membeli makanan via GoFood dan GrabFood. Banyak resto berstatus tutup, beberapa lainnya buka tapi orderan saya tidak terlayani lantaran tak ada driver.

Tentang resto berstatus tutup dalam aplikasi, sebenarnya kenyataannya belum tentu tutup beneran. Pemilik resto, sang penjual makanan, memilih opsi tutup pada aplikasi meski mereka sesungguhnya berjualan.

Penyebabnya, berkat libur panjang setelah Lebaran sekarang, resto mereka ramai pembeli dine in alias makan di tempat alias ngiras maupun pembeli take away alias baper (bawa pergi) atau bawa pulang, lebih banyak pembeli dibanding hari-hari biasa. Karena itulah mereka pilih full melayani pembeli yang langsung datang.

Cara itu pula yang dipilih istri saya sebagai pemilik kedai yang berjualan sejak pagi hingga petang. Untuk sementara dia abaikan penjualan via online.

Saya pun ikut terkena dampak perilaku pedagang makanan tersebut, terutama pada malam hari karena selama ini terbiasa membeli menu makan malam via aplikasi online. Akhirnya, terpaksa saya datangi langsung sebuah kedai nasi goreng dan bakmi, dua malam lalu.

“Sementara memang mboten nglayani Gofood kalih Grab soale sing antri tumbas langsung sampun kathah,” kata Ibu Wanti, sang pedagang makanan, setelah selesai memasak nasi goreng pesanan saya.

Kemarin malam saya datang kembali ke kedai Ibu Wanti, membeli nasi goreng lagi, kali ini untuk anak saya. Terlihat banyak pembeli mengantre. Sebelumnya saya cek di aplikasi, kedai itu tutup.

Adapun malam ini kemungkinan tidak banyak para pembeli mengantre di berbagai kedai, dan para pedagang makanan pun mengaktifkan aplikasi penjualan online mereka.

Terbukti, sekitar pukul 20.00 WIB tadi, saya gampang mengorder makanan via GoFood untuk saya dan istri. Satu jam sebelumya, saat memesan makan buat anak saya, lancar jaya pula.

2 tanggapan untuk “Banyak Pedagang Makanan Matikan Aplikasi Penjualan Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s