Libur Lebaran Berlalu, Warung Makan Masih Ramai

SETIDAKNYA begitulah yang terjadi di warung makan istri saya Senin kemarin, sehari setelah libur panjang Lebaran berakhir. Banyak pembeli datang, padahal biasanya pada hari Senin jumlah pembeli relatif sedikit.

Biasanya resto istri saya ramai pembeli pada akhir pekan, Jumat dan Sabtu plus Minggu, kemudian Senin “landai”. Akhir pekan, banyak pengudap dari luar kota, antara lain dari Surabaya, Jatim Semarang, Jateng, dan Yogyakarta, DIY.

Senin kemarin sebagian pembeli juga dari luar kota. Itu terlihat, antara lain, dari pelat nomor mobil yang mereka kendarai.

Juga, dari dialog singkat istri saya di meja kasir dengan para pembeli tatkala mereka membayar.

Isih akeh sing seko luar kota,” ucap istri saya di rumah, sepulang dari kedainya, tadi malam. Masih banyak pembeli yang datang dari luar kota.

Saat libur panjang Lebaran, khususnya Rabu pekan lalu sampai hari Minggu, para pembeli dari luar kota, pun dalam kota Solo, membeludak. Berhari-hari, waktu itu, istri saya menutup warungnya lebih cepat daripada biasanya.

Selasa hari ini suasana resto istri saya juga masih ramai — tidak landai. Karena itulah tadi pagi saya kulakan bekel. Alat permainan tradisional tempo doeloe untuk anak-anak ini laris dibeli konsumen resto istri saya sebagai barang oleh-oleh.

Sebenarnya kemarin siang saya sudah kulakan barang yang sama tetapi ternyata masih kurang banyak. “Sesuk tuku meneh yo, yah,” kata istri saya tadi malam.

Selain bekel, oleh-oleh yang laris dibeli adalah teh tabur/teh tubruk beberapa merek, yang oleh istri saya dibungkus dalam plastik. Satu plastik berisi empat bungkus teh tabur empat merek dijual istri saya Rp 20.000.

Mengapa empat merek? Konon, itulah resep yang membuat uenak minuman teh yang disajikan para penjual angkringan/wedangan di Solo Raya dan Yogyakarta.

3 tanggapan untuk “Libur Lebaran Berlalu, Warung Makan Masih Ramai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s