Trail Tua yang Ini Ditawarkan Rp 85 Juta

MAKIN mahal saja harga sepeda motor trail tua, setidaknya menurut sang penjual yang menawarkannya di media sosial.

Tempo hari saya menemukan di Facebook trail tua Suzuki TS 125 cc buatan 2005 (usia 17 tahun) ditawarkan Rp 60 juta, ini kali ada netizen di akun Instagram @_singgahsekejap_ menawarkan Honda XL 125 cc buatan 1977 (usia 45 tahun) Rp 85 juta!

Bercanda? Kalau melihat teks dan foto-foto yang dibagikan sang penjual, yang mengaku asal Semarang, Jateng, tak ada satu pun tanda-tanda candaan.

Berarti serius, meski harga yang ditawarkan, menurut saya, sangat fantastis.

Sebenarnya ada nomor WhatsApp yang dicantunmkan si penjual sehingga bisa saya hubungi untuk menanyakan apakah harga segede itu sungguhan atau gojekan alias bercanda.

Tapi saya tak mau menghubunginya, karena misal bercanda pun saya tidak akan memarahainya — urusan saya apa? — dan kalau memang serius saya tidak bakal membelinya.

Yang pasti, sejak trail tua Honda XL 125 itu ditawarkan 19 Januari 2022 sampai saat ini, tepat seminggu, hanya ada dua netizen yang mengomentari — tanpa ada yang menawar.

Tentang trail tua yang ditawarkan itu sendiri, menurut arsip yang saya baca, adalah motor produksi tahun 1977 dan merupakan motor trail Honda pertama di Indonesia. Di tahun itu, XL 125 menjadi kendaraan dinas pegawai instansi pemerintah, seperti Dinas Kehutanan dan Dinas Pertanian.

Data dalam surat keluaran Departemen Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tentang detail spesifikasi Honda XL 125 yang masuk ke Indonesia, Honda XL 125 masuk dalam rangka “Proyek Aid” berjumlah 736 unit dengan tipe Honda XL 125 K3. (*)

4 tanggapan untuk “Trail Tua yang Ini Ditawarkan Rp 85 Juta

Tinggalkan komentar